Pada bagian sebelumnya , kita telah membuat pesawatnya ...maka,mari kita buat musuhnya dan membuat pesawatnya menembakan sesuatu xD ..check this out!! ==>
1.Buat musuhnya gan ,sama kek di tutorial sebelumnya :D..(seterah ,mo kotak,lingkaran,dll ..yang penting itu agan anggap musuh :D) ..
Gambar Kode 1.1 |
3.Lalu,buat lagi gan musuh ke-2 nya ..seterah mau agan bentuk seperti apa xD ,Sama seperti pada bagian pertama dan ke dua,tapi isi namanya sebagai "Musuh2" ,type "Movie Clip" ,titik registrationya "tengah" ..dan Identifiernya sebagai "Musuh2" ....
4.Maka,Bagian ke 4..mari kita buat kotak untuk/sebagai bar healthnya ..Gunakan Rectangle Tool atau tekan "R" (coba perhatikan gambar kode 2.2)
Gambar Kode 2.2 |
6.OK GAN,bagian ke 6..kita gambar pelurunya ..sama seperti part 1 dan 2 ...jadikan movie clip dengan nama "Peluru" ,identifiernya "Peluru" ,dan titik regis nya di tengah ...dan jangan lu[a
7.Maka pada bagian ke 7, tidak lupa untuk memberi instance name menjadi "player_mc" pada pesawat yang agan buat (pesawat yang akan membasmi musuh..) ,caranya klik pada pesawat mengunakan "Selection Tool" ..dan liat di instance namenya ..
8.Sip,sekarang juga...tekan F9 ,lalu masukan kode brikut ===>
//menambahkan background dengan nama yang dikenali oleh stage yaitu background_mc
_root.attachMovie("Background", "background_mc", 0);
//menambahkan player dengan nama yang dikenali oleh stage yaitu player_mc
_root.attachMovie("Player", "player_mc", 1);
//menambahkan bar untuk nyawa dengan nama yang dikenali oleh stage yaitu health_mc
//di sini lokasi dari healthbar ditentukan dengan x = 380 dan y = 370
_root.attachMovie("HealthBar", "health_mc", 2, {_x:380, _y:370});
//inisialisasi nyawa sebesar 100
var nyawa = 100;
//memberikan timer
var idInterval = setInterval(panggilMusuh, 1000);
//memberikan event enterframe kepada _root agar melakukan tugasnya secara terus menerus
_root.onEnterFrame = function() {
//menggerakkan background ke arah _x minus (ke kiri)
background_mc._x -= 3;
//memberikan kondisi jika background habis, maka ia akan mengulangi
if (background_mc._x<-1450) {
//mereset posisi background
background_mc._x = 0;
}
//memberikan status game over
if (nyawa<=0) {
nyawa = 0;
trace("Game Over");
}
//mengeset agar ukuran dari health_mc menyesuaikan dengan health
health_mc._width = (nyawa/100)*150;
};
//memberikan event ketika mouse bergerak
_root.onMouseMove = function() {
//menghilangkan mouse
Mouse.hide();
//menggerakkan player_mc
player_mc._x += (_xmouse-player_mc._x)/5;
player_mc._y += (_ymouse-player_mc._y)/5;
};
//memberikan event ketika mouse ditekan
_root.onMouseDown = function() {
//mendapatkan kedalaman, kedalaman digunakan karena pada 1 depth hanya memiliki 1 objek
var depth = _root.getNextHighestDepth();
//menambahkan peluru ke stage
var peluru = _root.attachMovie("Peluru", "peluru_"+depth, depth, {_x:player_mc._x, _y:player_mc._y});
//memberikan event enterframe pada peluru
peluru.onEnterFrame = function() {
//menggerakkan peluru
this._x += 5;
//memberikan kondisi jika letaknya melebihi batas
if (this._x>500) {
//menghapus peluru (yang melebihi batas)
removeMovieClip(this);
}
//melakukan perulangan terhadap musuh
var kedalamanMusuhSekarang = _root.getNextHighestDepth()-1;
for (var i = kedalamanMusuhSekarang; i>kedalamanMusuhSekarang-10; i--) {
if (_root["musuh_"+i].hitTest(this)) {
removeMovieClip(_root["musuh_"+i]);
removeMovieClip(this);
}
}
};
};
function panggilMusuh() {
//mendapatkan angka random yaitu 0 dan 1
var angkaRandom = random(2);
//mendapatkan kedalaman, kedalaman digunakan karena pada 1 depth hanya memiliki 1 objek
var depth = _root.getNextHighestDepth();
if (angkaRandom == 0) {
//memanggil musuh
var musuh = _root.attachMovie("Musuh", "musuh_"+depth, depth, {_x:550, _y:random(400)});
musuh.onEnterFrame = function() {
//menggerakkan musuh ke kiri sebanyak 3 piksel
this._x -= 3;
//memberikan kondisi jika posisi x berada kurang dari 0, maka objek akan dihapus
if (this._x<0) {
removeMovieClip(this);
}
//memberikan kondisi jika musuh bertabrakan dengan player,
//maka objek akan hilang dan player akan berkurang darahnya
if (this.hitTest(_root.player_mc)) {
nyawa -= 10;
removeMovieClip(this);
}
};
} else {
//memanggil musuh
var Musuh2 = _root.attachMovie("Musuh2", "musuh_"+depth, depth, {_x:550, _y:random(400)});
Musuh2.onEnterFrame = function() {
//menggerakkan batu ke kiri sebanyak 3 piksel
this._x -= 2;
//memberikan kondisi jika posisi x berada kurang dari 0, maka objek akan dihapus
if (this._x<0) {
removeMovieClip(this);
}
//memberikan kondisi jika musuh bertabrakan dengan player,
//maka objek akan hilang dan player akan berkurang darahnya
if (this.hitTest(_root.player_mc)) {
nyawa -= 10;
removeMovieClip(this);
}
};
}
}
-------MUNGKIN,Gamenya akan seperti ini :D ..maaf ya gan jika jelek gamenya :v ..saya juga pemula :3 ..btw,beberapa script ane dapat juga dari Flashindonesia(dot)com.
mana game nya???
ReplyDelete